web statistics

3 CARA MUDAH MENGELOLA KEUANGAN DALAM BISNIS

Blog
Bagikan Artikel Ini

Mengelola keuangan dalam bisnis memang susah – susah gampang sebenarnya. Apalagi jika Anda menghandle bisnis Anda sendiri. Saya juga pernah mengalaminya dulu saat masih buka usaha online. Pusingnya bukan main
.

Bayangin aja, uang usaha yang tadinya terpisah dengan uang pribadi, lama – lama jadi campur aduk ngga karuan. Sudah tidak bisa dibedakan lagi mana uang omset, mana uang Saya, karena Saya hanya mempunyai satu rekening saat itu. Sudah dicatatpun masih saja campur.

Akibatnya apa? Uang bisnis Saya pakai untuk kebutuhan pribadi Saya *secara ngga sadar* dan uang pribadi Saya, Saya gunakan untuk menutupinya. Wah pusing sekali pokoknya.

Karena keuangan yang kacau seperti itu bisa berakibat fatal untuk sebuah bisnis,  dan ini bisa menjadi potensi awal kebangkrutan bisnis Anda. Dulu Saya merasa bisnis online Saya lumayan, tapi ternyata uang yang ada di tangan Saya sedikit sekali, kelihatanya untung, tapi malah buntung, kan sedih sekali. 
:(

Pokoknya jangan sampai Anda seperi Saya yang dulu ya, pusing. Nah dari pengalaman Saya di atas, bisa disimpulkan Saya melakukan tiga kesalahan sekaligus. Yang pertama, Saya mencampur uang bisnis dan uang pribadi Saya. Ini yang fatal.
Kedua, Saya tidak memperkirakan berapa persen dari pendapatan Saya yang akan digunakan untuk usaha selanjutnya.

Ketiga, Saya tidak mencatat dengan detail pengeluaran dan pendapatan Saya. Pantesan lama – kelamaan jadi kacau keuangan bisnis Saya. *tepok jidat*

Untuk menghindari kejadian seperti Saya di atas, Anda bisa melakukan 3 cara mudah untuk mengatur keuangan bisnis Anda nih.

1.) Pisahkan uang pribadi dan uang bisnis
Untuk bagian ini, usahakan Anda mempunyai dua rekening agar kemungkinan uang bisnis dan uang pribadi Anda tercampur, semakin kecil. Alternatif lain yang bisa Anda lakukan jika Anda belum mau membuka dua rekening adalah, letakan uang bisnis dan pribadi di tempat terpisah, jika Anda menggunakan dompet atau tempat uang, ya sediakan dua buah. Atau paling gampang pakai cara Saya dulu, memakai 2 amplop, yang satu ditulis ‘uang bisnis’ yang satu ‘uang jajan’.

2.) Hitung presentasi dari pendapatan untuk pengeluaran selanjutnya. Jadi keuangan akan lebih tertata tiap bulanya.

3.) Lakukan pembukuan
Catat secara detail mengenai uang yang masuk, dari mana saja dan berapa uang yang masuk, dan catat juga uang yang keluar, alokasi untuk apa dan berapa.

Dengan melakukan 3 hal mudah di atas, diharapkan Anda akan lebih mudah dalam mengatur keuangan bisnis Anda. Karena tidak sedikit juga bisnis yang gulung tikar karena masalah keuangan yang tidak teliti dan tidak tahu bagaimana cara mengelolanya. (baca juga: 3 PERUSAK MOTIVASI BAGI PENGUSAHA PEMULA YANG BANYAK TIDAK DISADARI)

Selain 3 di atas, apakah Anda punya tips tersendiri dalam mengelola keuangan bisnis Anda? Silahkan tambahkan di kolom komentar ya, yuk kita diskusi ^_^

 

Jangan lupa juga share artikel ini untuk memberikan ilmu ini untuk teman pengusaha Anda lainya. Jangan biarkan ilmu ini berhenti di Anda ya!

Sharing is caring ^_^

Bagikan Artikel Ini

RELATED POST

0 komentar untuk "3 CARA MUDAH MENGELOLA KEUANGAN DALAM BISNIS"

TIPS BISNIS PRAKTIS ANDA

*Kami Sangat Menjaga Kerahasian Data Anda
Scroll